Saturday, May 28, 2016

Contoh Jurnal Laporan Prakerin ( BAB I )

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Pada saat ini sekolah kami dituntut untuk dapat lebih memahami teori yang didapat selama belajar di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja.
            Oleh karena itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan terutama di SMK Negeri 1 Tanah Luas. Pada akhir semester dua ini siswa SMK 1 Tanah Luas diwajibkan untuk mengikuti Prakerin (Praktek Kerja Industri).
            Dimana dengan adanya Prakerin siswa dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.
            Kegiatan PKL ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK  1 Negeri Tanah Luas, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja.
1.2 Tujuan Penulisan Laporan
Tujuan Penulisan Laporan Prakerin adalah :
a.       Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
b.      Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian karya tulis.
c.       Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2014/2015 Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing produktif
d.      Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis laporan secara ilmiah.
e.       Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
f.       Memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja Sebagai bukti tertulis bahwa siswa telah melaksanakan pakerin.
g.      Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
h.      Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di dunia usaha kerja.
i.        Agar para siswa mampu mempelajari, memahami, memantapkan danmengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya dari sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan kerja.
j.        Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
k.      Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke dalam tulisan yang dapat diuji keilmiahannya. Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan.
l.        Memberikan alternatif pemecahan masalah kejuruan dengan lebih luas dan mendalam Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan pengetahuan siswa angkatan berikutnya
m.    Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya dalam melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan dalam mengikuti praktek kerja Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan pribadi siswa
n.      Untuk memantapakan siswa dalam pengembangan atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.
o.      Untuk  melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis. Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.

1.3 Manfaat
            Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja Industri yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja Industri yang telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut
·         Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja industri, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
·         Waktu tempuh untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktek kerja Industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
·         Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
·         Menambah pengetahuan mengenai perusahaan/Kantor milik pemerintah, dalam hal ini Bagian Administrasi Pemrintah Kabupaten Aceh Utara.
            Kami PKL di Kantor Bagian Umum pada Kantor Bupati Aceh Utara, memperoleh banyak pengetahuan mengenai berbagai berkas-berkas, dokumen-dokumen yang tersedia, dari seluruh kabupaten Aceh Utara .



EmoticonEmoticon

loading...

Featured Posts

klik disini