Tuesday, May 3, 2016

PROPOSAL PENYULUHAN DAN SOSIALISASI NARKOBA

PROPOSAL PENYULUHAN DAN SOSIALISASI NARKOBA


A.    PENDAHULUAN
          Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat apabila dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan sehingga dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sinteti smaupunsemi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan.
          Bahaya narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba semakin banyak di dengung-dengungkan. Sebab, penyalahgunaan narkoba bias membahayakan bagikeluarga, masyarakat, dan masad epan bangsa.
          Dampak narkoba jika di salah gunakan seperti halnya singkatan kata tersebut NARKOBA (narkotika dan obat/bahan berbahaya), memang sangatlah berbahaya bagi manusia. Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu biasnya juga memudahkan seseorang untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja hingga dewasa.
          Masalah menjadi lebih gawat lagi bila penggunaan narkoba, para pemuda tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan pemuda. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian.

Bangsa ini akan kehilangan generasai muda yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan generasi muda sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa dan negara.
          Dengan kondisi tersebut, kami selenggarakan kegiatan Penyuluhan Narkoba dikalangan Generasi Muda guna memperbaiki moral pemuda masa kini untuk tidak mengkonsumsi narkoba agar dapat menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan kegiatan ini di latar belakangi kenyataan bahwa banyak pemimpin bangsa yang menjadi panutan yang tidak pantas bagi generasi saat ini ataupun yang akan datang. Selain itu, kegiatan ini kami selenggarakan karena ingin memberikan penjelasan dan pemahaman bagi para pemuda akan bahaya narkoba, serta untuk memperkuat moral dan kepribadian yang di miliki para pemuda atau mahasiswa.

B.     NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Adapun Nama dan Tema dalam Kegiatan yang akan kami selenggarakan ini yaitu:
Nama Kegiatan           : Penyuluhan Narkoba dikalangan Remaja SMA/SMK/MA yang Ada                                 Di Aceh Utara
Tema                           : Mewujudkan Generasi Muda Indonesia yang berakhlak,                                                    terpelajar,berprestasi dan berkarakter tanpa narkoba.

C.     MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan “Penyuluahan Bahaya Narkoba dikalangan Generasi Muda” yang akan dilaksanakan bertujuan sebagai berikut:
a)      Memberikan pemahaman bagi Remaja sebagai generasi penerus agar berakhlak   mulia bebas dari narkoba.
b)      Agar peserta seminar dapat lebih memahami tentang bahaya penularan HIV /AIDS, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh penggunaan narkoba.
c)      Memberikan pembimbingan untuk merubah masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.
d)     Memperkuat mental para pemuda untuk menghadapi dampak globalisasi, terutama   masalah narkoba.

D.    PELAKSANA KEGITAN
            Pelaksana Kegiatan Ini Adalah LSM ACP – ACUT ( Aceh Care Public )

E.     SASARAN KEGIATAN
Adapun sasaran dalam kegiatan ini yaitu: Seluruh  pengurus  OSIS SMASMK/MA  yang Ada Di Aceh Utara

F.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Narkoba dikalangan Generasi Muda dilaksanakan pada:
Hari/tanggal                : Senin s.d Sabtu/ 21 s.d 26 November 2016
Tempat                        : Aula Hotel Lido Graha

G.    SUSUNAN ACARA
Terlampir

H.    ANGGARAN BIAYA
            Terlampir

I.       PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai landasan sekaligus bahan acuan dalam penyelenggaraan Penyuluhan Narkoba dikalangan Remaja SMA/SMK/MA yang Ada           Di Aceh Utara. Bantuan, arahan, partisipasi dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini. Dan melalui kegiatan ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi yang besar sebagai pemahaman bagi generasi penerus agar berakhlak mulia bebas dari narkoba. Sehingga apa yang menjadi harapan kita pada akhirnya dapat tercapai.
                                                                                                         


Aceh Utara , 30 April 2016
Pengurus,
LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT
ACEH CARE PUBLIC CABANG ACEH UTARA
(LSM ACP-ACEH UTARA)



FAHRIZAL
Ketua


EmoticonEmoticon

loading...

Featured Posts

klik disini